Laman

Jumat, 21 Agustus 2015


Resep Tahu Bacem yang mudah untuk dicoba. Tahu merupakan salah satu makanan yang bergizi yang terbuat dari olahan ampas kedelai. Tahu memang makanan yang merakyat, karena makanan ini tergolong makanan yang sangat murah dan mudah dijumpai. Di pasar tradisional sendiri, kita pastinya banyak menemukan yang namanya tahu. Selain itu, tahu juga sangat mudah diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi, salah satunya adalah tahu bacem. Bacem sendiri termasuk sajian makanan yang khas dari Jawa Tengah dan juga Yogyakarta.

Olahan makanan berbentuk bacem sendiri memang banyak digemari masyarakat Indonesia, karena bacem memiliki cita rasa yang manis dengan bumbunya yang khas. Bacem merupakan olahan makanan yang dilengkapi bumbu khas dari gula merah. Bacem sendiri sebenarnya termasuk cara untuk mengawetkan produk makanan secara alami. Jika Anda penyuka tahu, maka bisa mencoba resep tahu bacem yang akan kami bagikan dalam artikel ini. Sebenarnya, makanan yang biasa diolah dengan olahan bacem ini adalah tahu dan tempe. Olahan bacem sendiri artinya adalah dengan cara perendaman memakai air gula maupun air garam agar bahan makanan lebih awet. Contohnya Resep Telur Bacem dan Resep Tempe Bacem serta lain sebagainya.

Kita pasti sangat sering menjumpai makanan berupa olahan bacem ini, tahu bacem biasanya sangat lezat bila disajikan dengan nasi selagi masih hangat. Di Yogyakarta sendiri, tepatnya di daerah Kaliurang ini disebut dengan nama jadah bacem, yakni merupakan uli atau jadah yang dihidangkan sebagai pelengkap makanan tahu dan tempe bacem. Resep tahu bacem sebenarnya sangat mudah, dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, bahan-bahan di dalamnya juga tergolong sangat mudah untuk didapatkan. Meskipun makanan ini tergolong murah, namun tentunya memiliki protein yang begitu tinggi untuk dihidangkan oleh keluarga Anda.

Jika dibandingkan dengan daging-dagingan, maka tahu bisa menjadi alternatif yang tepat sebagai makanan berprotein tinggi. Tak hanya itu saja, tahu juga merupakan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sedikit jika dibandingkan protein hewani. Jadi, Anda tak perlu cemas jika makanan ini menjadi bagian dari kebutuhan pokok harian Anda. Dengan harga yang murah, Anda masih bisa mendapatkan olahan makanan yang bergizi dengan kandungan protein tinggi. Bagi Anda yang belum pernah mencoba hidangan tahu bacem, bisa mencoba Tahu Bacem yang akan kami sajikan di sini.

Jika Anda bingung ingin memasak menu makanan apa untuk sajian bulan ini, tahu bacem bisa menjadi pilihan. Adapun langkah-langkah resep tahu bacem enak dan praktis bisa Anda coba berikut ini!

Resep Tahu Bacem Sederhana
Rating: 5

Prep Time: 30 minutes

Cook Time: 30 minutes

Total Time: 1 hour

Bahan / Bumbu :

Bahan-bahan yang digunakan:
Minyak goreng secukupnya
7 buah tahu kuning
Air secukupnya untuk merebus
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
2 lembar daun salam
Bumbu halus:
1 gandu gula jawa
3 cm lengkuas
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
Cara Membuat :

Pertama-tama siapkan panci terlebih dahulu yang diisi oleh air, kemudian tambahkan daun salam dan bumbu halus.
Tambahkan pula penyedap dan garam secukupnya sesuka hati kemudian aduk dengan merata.
Masukkan tahu kuning sampai tertutupi oleh campuran bumbu, kemudian rebus hingga bumbu tersebut menyerap hingga tersisa air sedikit saja atau mengering. Kemudian angkat lalu tiriskan.
Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan kemudian goreng tahu yang telah dibacem tadi pada api sedang sampai matang atau berubah warna hingga kecokelatan. Kemudian angkat, tiriskan dan sajikan selagi masih hangat.

Cobak juga yang ini Roti bakar spesial
Coba juga yang ini Roti cane

Tidak ada komentar:

Posting Komentar