Laman

Jumat, 21 Agustus 2015

Resep Roti Cane mudah dan praktis untuk sarapan. Roti cane merupakan roti yang berasal dari India, di Indonesia diberi nama roti maryam. Roti cane memiliki rasa yang gurih.

Roti cane spesial untuk hidangan sarapan pagi. Roti cane merupakan roti berbentuk bulat jenis leper, termasuk salah satu makanan favorit yang ada di Malaysia. Akan tetapi, asal roti cane ini sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti. Selain itu, roti cane memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa negara. Sebagian besar mengatakan bahwa roti yang dinamakan roti cane ini berasal dari Chennai, Madra, India. Sementara di negara lain sendiri, seperti di Myanmar roti ini dinamakan Palata, di Eropa disebut dengan nama Flying Bread, di Malaysia dan Singapura dinamakan Prata. Sementara di negeri China sendiri, roti ini dinamakan sebagai Yi Du Jiang maksudnya adalah Biskuit Panggang yang berasal dari India.

Sebelum kita membahas mengenai resep roti cane, ada baiknya jika membahas sedikit mengenai Roti ini. Roti cane sangat baik dikonsumsi saat sarapan, siang hari ataupun di malam hari. Roti cane sendiri biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau teh tarik. Salah satu ciri khas yang unik dari roti cane ini yakni lapisan tepung tidak menyatu antara satu dengan yang lainnya. Roti cane mempunyai rasa yang gurih, karena dipadukan dari bahan dasar tepung juga lemak. Pasalnya roti cane ini merupakan awal dari pembentukan martabak dengan bahan dasar yang sama persis, yang dibedakan hanya terdapat pada bumbu dan isian dagingnya.

Di Indonesia sendiri, roti cane ini disebut sebagai roti Maryam yang awalnya diperkenalkan oleh pedagang yang berasal dari Arab Saudi. Bahkan sampai saat ini, roti ini banyak dijumpai pada masyarakat keturunan Hadharim sebagai makanan keseharian. Saat sarapan pagi, roti cane atau maryam ini dilumuri dengan madu ataupun gula. Resep roti cane atau maryam sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, jadi jika Anda ingin mencoba makanan yang satu ini bisa mencobanya membuat di rumah sendiri.

Roti cane atau maryam ini sebenarnya biasa disajikan atau disantap dengan kare kambing atau kari, hal ini tentunya tergantung dari masing-masing daerah di Indonesia. Untuk roti cane dari nusantara, yang sangat populer yaitu roti cane khas dari Aceh. Bagaimana, penasaran dengan tekstur dan rasa dari roti cane ini? Yuk, langsung simak resep roti cane di bawah ini:

Resep Roti Cane
Rating: 5

Prep Time: 45 minutes

Cook Time: 45 minutes

Total Time: 1 hour, 30 minutes

Bahan / Bumbu :

100 gram mentega
2 butir telur ayam
175 cc air
500 gram tepung terigu
½ sdm garam
1 sdm minyak samin
Cara Membuat :

Pertama-tama campurkan terlebih dahulu telur, minyak samin, air dan garam. Kemudian masukkan bahan tepung terigu, lalu uleni adonan roti hingga tercampur secara merata dan kalis.
Kemudian bentuk adonan berbentuk bulat, setiap adonan sebanyak 70 gram, lalu simpan pada baskom kemudian tutup menggunakan bahan plastik. Setelah itu, biarkan selama 1 jam, agar adonan lebih mudah untuk digilas.
Setelah itu, ambil sebanyak 1 adonan, lalu gilas hingga berbentuk lingkaran berdiameter kira-kira 15 cm. Kemudian olesi menggunakan mentega, dan gulung hingga memanjang. Setelah itu gulung lagi sampai berbentuk seperti konde, lakukan cara ini sampai semua adonan habis. Lalu biarkan 10 menit.
Langkah berikutnya, gilas lagi adonan berbentuk lingkaran berdiameter sama seperti di atas 15 cm. Kemudian siapkan wajan yang anti lengket, lalu letakkan adonan dan masak menggunakan api kecil. Agar kematangan merata, bolak-balik roti pada wajan hingga kedua bagian sisinya berwarna kecokelatan, kemudian angkat.
Setelah itu, olesi kembali menggunakan mentega, kemudian kepruk roti cane memakai 2 sendok yang besar agar berbentuk lapisan-lapisan yang tidak menyatu.

Coba juga yang ini Roti bakar special
Coba juga yang ini Tahu bacem
Coba juga yang Roti manis

Coba juga yang ini Tempe bacem
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar